Bukan Diriku

Belum jadi apa-apa udah sok ngelarang-ngelarang.

Belum jadi apa-apa udah nyebelin gitu.

Dari awal aja udah tau kalau kita enggak sejalan.

Gimana mau dilanjutin.

Untung aja belum terlanjur, masih banyak waktu untuk memikirkannya masak-masak.

Masih banyak waktu untuk memikirkan cara terbaik untuk menolak tanpa menyebabkan sakit hati di kedua belah pihak.

Masih banyak waktu untuk saling instrospeksi diri kira-kira kalau dilanjutkan akan seperti apa kehidupan kita.

Apakah akan penuh dengan perdebatan?

Apakah akan penuh dengan cekcok hanya untuk hal yang tidak penting?

Aku masih tidak mengerti apa yang kamu cari dariku.

Dan aku tidak mengerti apa yang aku cari darimu.

Yang aku tau saat ini aku adalah seorang gadis berusia 19 tahun.

Yang mudah jatuh cinta.

Yang mudah percaya dengan orang lain.

Yang mudah tertambat hatinya.

Yang masih kurang pemahaman agamanya.

Yang masih kurang akan prinsip diri.

Yang terkadang masih tidak enakan hati.

Yang terkadang masih tidak tegaan.

Yang terpenting, yang masih mencari jati diri.

Seperti apa aku sebenarnya.

Seperti apa orang yang aku inginkan untuk aku dampingi di sisa-sisa usiaku.

Seperti apa kehidupan didepanku akan aku jalani.

Apakah seperti ini, apa seperti itu.

Padahal aku selalu berfikir, bahwa kamu adalah orang yang paham agama.

Orang yang tau batasan-batasan yang seharusnya kita lalui.

Bukan seperti ini.

Bukan seperti itu.

Seharusnya jika kau memang menginginkannya, majulan.

Tak berani, tahanlah.

Seharusnya kamu harus optimis, jika memang jalanmu pasti akan mendapatkanya.

Bukannya pesimis karena takut kalah saingan.

Pantaskanlah dirimu baru maju padaku dan pada yang menjadi waliku.

Bukannya main belakang seperti ini.

aku tak ingin berbohong pada orang tuaku lagi hanya demi bertemu denganmu yang bahkan tidak pernah berusaha untuk meyakinkan mereka.

Padahal orang-orang yang bahkan tidak aku pedulikan datang pada mereka.

Aku tak bermaksud mengguruimu yang sudah jelas-jelas memiliki pengalama hidup lebih banyak dariku.

Seharusnya aku tak perlu mendebatmu, itu justru membuatmu semakin senang saja.

Aku sering merasa seperti ini. 

Aku merasa kita memang tidak cocok.

Jawabanku untukmu di usiaku yang ke 19 tahun ini adalah tidak.

Dan aku harap jawaban itu sama setahun yang akan datang.

Carilah wanita yang dapat hidup sederhana dengan mu.

Carilah wanita yang dapat mendampingimu tanpa harus ribut setiap hari.

Carilah wanita yang mampu menjadi pengingatmu, bukan yang justru menjadi pelupamu.

Carilah wanita yang bisa kamu atur sesuka hatimu.

Yang pasti bukan aku.

Yang pasti bukan orang ngeyel sepertiku.

Yang pasti bukan orang ngeselin sepertiku.

Yang pasti bukan orang yang jahat sepertiku.

Yang pasti bukan orang yang seperti aku.

Bukan diriku.

 

SIFAT DAN KARAKTER SESEORANG BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

Hai guys, udah lama enggak ngeposting sesuatu di blog ini. Nah, berhubung in this special occasion ini aku mendapat pencerahan, maka aku akan memposting sesuatu di blog usang ini. Ini semua akibat dari membaca postingan tentang golongan darah, ada baiknya mungkin aku mempostingkannya juga. Mungkin saja dapat bermanfaat. Habis yang ada didalamnya sama sih seperti yang aku rasakan.. Heheheheheee

Disini aku hanya memberikan gambaran secara umum yang aku dapat juga dari beberapa artikel yang pernah aku baca. Apakah sifat dan karakter kalian sesuai dengan kategori golongan darahnya seperti di bawah ini? Yuk mari kilta liat…

GOLONGAN DARAH A

GOLONGAN DARAH B

GOLONGAN DARAH AB

GOLONGAN DARAH O

Nah, kalau diringkas jadinya akan jadi seperti ini.

SIFAT SECARA UMUM
* A = terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (karena perfeksionis) yang kadang bikin orang mudah sebel, kecenderungan politik: “destra”
* B = nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: “sinistra”
* O = berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yang detil, kecenderungan politik: “centro”
* AB = unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik

BERDASARKAN URUTAN

Yang paling gampang ngaret soal waktu:
1. B (karena nyantai terus)
2. O (karena flamboyan)
3. AB (karena gampang ganti program)
4. A (karena gagal dalam disiplin)

Yang paling susah mentolerir kesalahan orang:
1. A (karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2. B (karena easy going tapi juga easy judging)
3. AB (karena asal beda)
4. O (easy judging tapi juga easy pardoning)

Yang paling bisa dipercaya:
1. A (karena konsisten dan taat hukum)
2. O (demi menjaga balance)
3. B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4. AB (mudah ganti frame of reference)

Yang paling disukai untuk jadi teman:
1. O (orangnya sportif)
2. A (selalu on time dan persis)
3. AB (kreatif)
4. B (tergantung mood)

Kebalikannya, teman yang paling tidak disukai:
1. B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2. AB (double standard)
3. A (terlalu taat dan scrupulous)
4. O (sulit mengalah)

MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN

Yang paling mudah kesasar / tersesat:
1. B
2. A
3. O
4. AB

Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1. O (jago olah raga)
2. A (persis dan matematis)
3. B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergoldar B)
4. AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin:
1. O (karena berjiwa leadership dan problem-solver)
2. A (karena berpribadi “minute” dan teliti)
3. B (karena sensitif dan mudah ambil keputusan)
4. AB (karena kreatif dan suka ambil resiko)
Yang jadi PM jepang rata-rata bergolongan darah O (berjiwa pemimpin)
Mahasiswa Tokyo Universita pada umumnya bergol darah : B

 

Yang paling gampang nabung:
1. A (suka menghitung bunga bank)
2. O (suka melihat prospek)
3. AB (menabung karena punya proyek)
4. B (baru menabung kalau punya uang banyak)

Yang paling kuat ingatannya:
1. O
2. AB
3. A
4. B

Yang paling cocok jadi MC adalah orang yang bergolongan darah A (kaya planner berjalan)
MENYANGKUT KESEHATAN

Yang paling panjang umur:

1. O (tidak mudah stress, antibody-nya paling joss!)
2. A (hidup teratur)
3. B (mudah cari kompensasi stress)
4. AB (amburadul)

Yang paling gampang gendut:
1. O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2. B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3. A (hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet)
4. AB (makan tergantung mood, mudah kena anoressia)
Paling gampang digigit nyamuk adalah orang yang bergolongan darah O (darahnya manis)

 

Yang paling gampang flu / demam / batuk / pilek:
1. A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2. AB (lemah terhadap hyangiene)
3. O (makan apa saja enak atau tidak enak)
4. B (makan, tidur tidak teratur)

Pada acara makan-makan di sebuah pesta:
* O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging-dagingan)
* A (ngambil yang berimbang, 4 sehat 5 sempurna)
* B (suka ambil makanan yang banyak kandungan airnya seperti soup, soto, bakso dsb)
* AB (hobby mencicipi semua masakan, “aji mumpung”)

Yang paling cepat botak:
1. O
2. B
3. A
4. AB

Yang tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin:
1. B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2. AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3. A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4. O (baru tidur kalau benar-benar capek dan membutuhkan)

Yang paling cepet tertidur:
1. B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2. O (kalau lagi capek dan tidak ada kerjaan mudah ngantuk)
3. AB (tergantung kehendak)
4. A (tergantung aturan dan orario)

Penyakit yang mudah menyerang:
1. A (stress, majenun / linglung)
2. B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
3. O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
4. AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

Apa yang perlu dianjurkan agar tetap sehat:
1. A (karena terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, tidak usah terlalu tegang dan serius)
2. B (karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur)
3. O (karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
4. AB (karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan dan bikin lega)

Yang paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian):
1. A
2. B
3. O
4. AB

 

Sekian yang bisa aku sampaikan, ya berhubung saya ini juga manusia biasa jadi ya isi dari postingan ini juga Cuma copas dari:

http://www.anugrahberbagi.com/2012/09/karakter-dan-sifat-berdasarkan-golongan-darah.html#sthash.lGWVtefT.dpuf

dan

http://rahasia-golongandarah.blogspot.com/2012/12/sifat-dan-jodoh-manusia-dilihat-dari.html

Jadi, kalau isinya kurang sesuai ya monggo jangan diterima, kita kan juga punya pendapat masing-masing, jadi itu semua tergantung sudut pandang masing-masing, mari kita lihat dengan mata terbuka ya saudara saudara ku tercinta? :D

Salam hangat, @malaijahhat

GOLONGAN DARAH ‘O’

FAKTA

Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif. Secara umum, golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai di dunia.

SIFAT

  1. Orang yang bergolongan darah O, mereka ini biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup. Dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut.
  2. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang. Mereka pandai menutupi sesuatu sehingga mereka kelihatan selalu riang, damai dan tidak punya masalah sama sekali. Tapi kalau tidak tahan, mereka pasti akan mencari tempat atau orang untuk curhat (tempat mengadu).
  3. Mereka biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.
  4. Mereka biasanya di cintai oleh semua orang, “loved by all”. Tapi mereka sebenarnya keras kepala juga, dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
  5. Dilain pihak, mereka sangat fleksibel dan sangat mudah menerima hal-hal yang baru.
  6. Mereka cenderung mudah di pengaruhi oleh orang lain dan oleh apa yang mereka lihat dari TV.
  7. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati. Tapi hal itu yang menyebabkan orang yang bergolongan darah O ini di cintai.

KARAKTER ORANG BERGOLONGAN DARAH O

Orang-orang dengan golongan darah O adalah mereka yang tidak banyak ambil pusing, penuh semangat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka adalah orang yang paling fleksibel di antara semua golongan darah yang ada. Mereka akan dengan cepat memulai sebuah proyek namun mengalami masalah ketika melanjutkannya dan tidak jarang banyak juga yang dengan mudah menyerah di tengah jalan.

Mereka terkadang bertingkah dan tidak terlalu dapat dijadikan sandaran. Mereka selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka secara langsung. Mereka selalu jujur. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O ini memiliki rasa percaya diri yang sungguh kuat. Di Jepang, golongan darah ini merupakan golongan darah rata-rata orang disana.

GAYA KOMUNIKASI DENGAN ORANG BERGOLONGAN DARAH O

Ketika berhadapan dengan orang bergolongan darah O yang penuh semangat dan percaya diri, terus terang, optimistis, terkadang egois dan kreatif, hal-hal berikut dapat dijadikan pedoman:

  • Berbicaralah dengan semangat dan penuh vitalitas. Karena mereka kurang menyukai orang-orang yang terkesan lemah, letih, lesu, lemas, letoy, dan loyo yang dianggap tidak dapat mengikuti ritme mereka yang penuh dengan energi.
  • Jangan gunakan kata-kata negatif dan pesimis karena kelompok kata itu tidak terdapat dalam kamus mereka yang penuh dengan semangat positif dan optimis.
  • Ketika mengikat sebuah kontrak, pastikan dengan tegas bahwa mereka komit dengan apa yang telah disepakati dan dapat bertanggung jawab atas penyelesaiannya.
  • Berkatalah dengan jujur karena mereka juga demikian adanya. Sekali kebohongan terdeteksi, mereka tidak akan percaya lagi pada lain kesempatan.
  • Tunjukkan bahasa tubuh yang penuh keceriaan dan semangat.

Orang dengan golongan darah O paling suka berkomunikasi dengan mereka yang penuh semangat. Orang-orang yang tidak memiliki semangat hidup yang baik sulit menjadi teman dekat orang golongan ini. Karena mereka selalu semangat sejalan dengan vitalitas yang mereka miliki. Mereka akan dapat berkomunikasi berjam-jam dengan orang yang cocok dan dapat mengikuti ritme bicara mereka yang sangat optimistis dan motivatif.

PENYAKIT

Berikut ini Penyakit yang sering dijumpai pada Orang bergolongan Darah O

  1. Kencing manis,
  2. gangguan usus dan pencernaan,
  3. peredaran darah kurang baik,
  4. sakit pinggang dan tulang belakang,
  5. kegemukan,
  6. kadar kolesterol tinggi,
  7. tekanan darah tinggi,
  8. kadar asam urat tinggi,
  9. penyakit kanker,
  10. gout,
  11. serangan jantung,
  12. penyumbatan arteri.

MAKANAN

Pemilik golongan darah O patut beruntung, terutama bagi mereka yang menyukai daging-dagingan. Mereka boleh makan daging sebanyak-banyaknya, kecuali daging olahan. Namun golongan darah ini juga harus mengimbanginya dengan memakan sayur-sayuran yang banyak juga. Boleh juga menyantap minyak jenis nabati, minyak zaitun dan buah segar. Yang harus dihindari ataupun dibatasi ialah : kol, brokoli, kembang kol, sawi, pokcoi, taoge, terong, jamur dan kentang.

CIRI KHAS

  1. Sistem kekebalan tubuh sangat kuat
  2. Stres dapat direspon denga aktivitas fisik
  3. Mudah beradaptasi dengan berbagai makanan pada lingkungan yang ditempati
  4. Tidak cocok melakukan diet
  5. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidratseperti: daging, buah, ikan, dan sayur.

JENIS OLAHRAGA

Melakukan olahraga aerobik yang gerakannya banyak dan cepat(high impact), bisa juga olahraga fisik seperti lari dan beladiri.

DIET

Berikut adalah tips hal-hal berkenaan tentang diet golongan darah O:

  1. Sangat bermanfaat : Sapi, kerbau, kambing, rusa, hati/jantung, ikan kod, ikan cucut, ikan ekor kuning
  2. Netral : Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sarden, udang. telur, mentega, tempe, tahu,susu kedelai, gandum, beras
  3. Pantang : Daging babi, cumi-cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, burung puyuh, es krim, keju, susu sapi,yoghurt.

GOLONGAN DARAH ‘AB’

FAKTA

Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal.

Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif. Persentase orang ber – Golongan Darah AB adalah hanya 4 % dari seluruh penduduk dunia. Merupakan persentase yang terkecil dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Darah AB merupakan darah zaman modern yang mempunyai kecenderungan terhadap penyakit modern. Oleh sebab itu, orang ber – Golongan Darah AB selalu disarankan melakukan teknik-teknik relaksasi dan meditasi supaya dapat mengurangi stress dan untuk melawan system imunisasi yang kurang sehat.

Golongan darah adalah kunci bagi keseluruhan sistem imun tubuh. Hal ini merupakan faktor penjelas yang penting di dalam tubuh kita. Antigen yang terdapat dalam berfungsi untuk memproduksi antibodi dalam darah yang berguna untuk melawan virus penyebab penyakit.

Ketika antibodi mengenali antigen dari mikroba penyerbu, terjadilan serangkaian reaksi yang disebut dengan aglutinasi atau penggumpalan. Ada banyak faktor yang terlibat dalam proses terjadinya penggumpalan, salah satunya adalah makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang berpotensi menggumpalkan sel-sel golongan darah tertentu, sehingga makanan tertentu dapat sangat berbahaya terhadap satu atau lebih golongan darah, namun juga dapat bermanfaat bagi golongan darah lainnya.

Golongan darah AB sendiri merupakan golongan darah yang jarang dijumpai, namun secara keseluruhan golongan darah AB lebih stabil dari golongan darah lainnya karena memiliki sebagian besar keuntungan dan intoleransi dari golongan darah A dan B.

Golongan darah AB juga dinilai memiliki sistem imun tubuh yang paling baik dibandingkan golongand arah yang lain, namun juga rentan terhadap penyakit-penyakit tertentu.

Orang dengan jenis golongan darah AB sering menghadapi penyakit seperti perut kembung, masalah dengan saluran darah, kanker, sendi dan tulang. Orang dengan golongan darah AB sangat mudah beradaptasi dengan makanan.

SIFAT dan Karakter Orang Bergolongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB susah dikelompokkan. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu bersamaan. Artinya, di satu sisi mereka pemalu, di sisi lain, sangat terbuka. Mereka dengan mudah mengubah satu sisi ke sisi yang lain. Mereka dapat dipercaya dan bertanggung jawab, namun tidak dapat bertanggung jawab jika terlalu banyak yang dituntut dari mereka. Mereka tidak keberatan membantu sepanjang sesuai dengan syarat mereka.

Orang-orang dengan golongan darah ini sangat suka seni dan metafisika. AB juga dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka juga suka menentukan syarat sendiri dan berhak menggugurkannya jika tidak sesuai dengan harapan mereka. Mereka dikenal sangat sensitif dan penuh perhatian. Di Jepang, beberapa perusahaan membagi karyawan-karyawannya ke dalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah, dan ironisnya, tidak seorang pun yang mau bekerjasama dengan kelompok golongan darah AB di Jepang ! (Jangan terlalu sedih buat yang di Indonesia ya).

GAYA KOMUNIKASI DENGAN ORANG BERGOLONGAN DARAH AB

Dengan karakter yang mudah berubah-ubah tergantung kondisi mood tertentu, orang-orang dengan golongan darah AB tentu masih dapat diambil ‘hatinya’ ketika kita berkomunikasi dengan mereka agar mencapai tujuan yang ingin kita raih. Gaya komunikasi yang perlu diterapkan adalah seperti tersebut di bawah ini:

  1. Pertama-tama, ikuti dulu alur pembicaraan mereka.
  2. Selanjutnya, berbicaralah secara tegas karena mereka mudah berubah-ubah.
  3. Bicaralah tentang seni dan metafisika untuk memulai percakapan yang lebih panjang jika hal itu diinginkan.
  4. Jika membuat janji, pastikan mereka memahaminya dan setuju.
  5. Jangan ambil keputusan sepihak karena mereka termasuk orang yang suka menentukan sebuah keputusan secara sepihak. Diskusikanlah dengan sinergis.
  6. Jangan terlalu banyak mengumbar kata dan janji karena mereka sulit mengingat, apa lagi menjalankan kewajiban yang semakin banyak.

Orang dengan golongan darah ini memang sedikit kurang beruntung di Jepang karena dianggap yang paling lemah dan tidak dapat dipercaya. Namun, hal ini tentu sangat kasuistis dan geografis. Hanya saja, dengan memahami karakteristik orang dengan golongan darah ini, banyak hal yang dapat dilakukan untuk tidak menuai kekecewaan nantinya di kemudian hari jika ternyata karakter itu benar adanya. Dan bagi mereka dengan golongan darah AB tentu dapat melakukan introspeksi diri untuk memperbaiki hal-hal negatif yang benar sesuai dengan penjelasan di atas.

PENYAKIT

Resiko Medis Orang Ber – Golongan Darah AB  medis yang umumnya bisa dialami karena makan tidak sesuai dengan golongan darahnya ( salah pola makan tidak sesuai dengan Golongan Darah AB ) :

  1. Penyakit kanker.
  2. Penyakit jantung.
  3. Anemia (kekurangan sel darah merah).
  4. Depresi.
  5. Masalah system syaraf.
  6. Komplikasi hati dan empedu.
  7. Parkinson’s.
  8. Alzheimer’s.

MAKANAN

Makanan yang SESUAI dengan Golongan Darah AB :

  1. Kalkun, domba, kelinci, kambing.
  2. Kacang kedelai, tahu, tempe.
  3. Seafood (kecuali yang berkulit keras, seperti : tiram, kerang, kepiting).
  4. Bijian, seperti : kacang tanah, kenari, kacang merah.
  5. Rumput laut (kelp).
  6. Anggur, kiwi, jeruk bali, nanas, semangka, cranberry, mulbery, pepaya.
  7. Alfafa, wortel, brokoli, bit, sledri, terong, kentang manis, kol kembang, mentimun, jahe, bawang putih, ubi jalar, talas (yam).
  8. Telur putih (telur ayam).

Makanan yang TIDAK SESUAI dengan Golongan Darah AB :

  1. Ayam, sapi, bebek, burung dara, rusa, babi, angsa, burung puyuh.
  2. Buncis, chikpea, kacang hitam, buncis lima.
  3. Tepung terigu, roti, kue, mie, biskuit, pizza.
  4. Kopi.
  5. Pisang, kelapa / santan, jambu biji, mangga, delima, jeruk, belimbing, alpukat.
  6. Jagung, jamur, lobak (radish), tauge, asinan, lobak putih.
  7. Telor bebek.

RANGKUMAN MAKANAN

  1. Makanan yang sangat bermanfaat (berfungsi sebagai obat): ikan sardine, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), teh hijau, anggur merah.
  2. Makanan yang netral (berfungsi sebagai makanan): cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, brokoli, bayam, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji.
  3. Makanan yang dihindari (bertindak sebagai racun): daging (sapi, ayam, bebek, babi, angsa, lobster, kepiting, kodok), mentega, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol.